Minggu, 08 Januari 2012

Hubungan Sesama Muslim

Islam datang untuk menyatukan hati dengan hati, menyusun barisan dengan tujuan menegakkan bangunan yang tunggal dan menghindari faktor-faktor yangdapat menimbulkan perpecahan, kelemahan, sebab-sebab kegagalan dan kekalahan. Islam membentuk ikatan-ikatan dan hubungan antara anggota-anggota masyarakat. ikatan yang dimiliki umat islam lebih kokoh daripada ikatan darah, warna kulit, bahasa, tanah air, kepentingan materi dan ikatan lainnya.

Ikatan iman yang menjadi poros pertemuan jamaah muslim. Imanlah yang menjadikan tali persaudaraan jauh lebih kuat dari ikatan yang ditimbulkan oleh keturunan.

" Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara "(QS: Al-Hujarat : 10)

" Dan orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan sebagian mereka adalah penolong sebagian yang lain " (QS: Hud:71)

Karakter iman itu yang mempersatukan, bukan mencerai-beraikan.... Ketika saudaranya mendapat kegembiraan ia pun ikut gembira dan ia pun berduka ketika saudaranya tertimpa musibah.

Rasulullah sangat memperhatikan agar kaum muslimin senantiasa berjamaah. Pada suatu ketika Rasulullah melihat mereka berpencar-pencar, kemudian beliau bersabda " berkumpullah kalian, bergabunglah kalian" kemudian mereka berkumpul.

" Dan janganlah kamu menjadi seperti mereka yang berpecah belah dan berselisih setelah kepada mereka datang penjelasan. Bagi mereka azab yang berat. " (QS: Al-Imran:105)

" DAn janganlah kalian berselisih, nantinya kalian lemah dan kehilangan kekuatan." (QS: Al-Anfal : 46)

" DAn berpegang teguhlah kalian kepada tali Allah dan jangan berpecah belah." (QS: Al-Imran: 103)

Pada saat ini kaum muslimin membutuhkan sekali jamaah seperti yang dikehendaki islam, agar mereka dapat melaksanakan kewajiban-kewajiban islam. Penjajahan telah meninggalkan dampak yang buruk seperti kelemahan beragama, kebobrokan moral dan keterbelakangan dalam dunia ilmu pengetahuan. Semua hal ini akan teratasi bila umat islam kembali kepada satu tujuan, saling menopang, satu kata laksana bangunan yang saling terkait antara bagian yang satu dengan yang lainnya. jangan sampai kita terpengaruh oleh budaya barat, islam merupakan agama yang sempurna maka daripada itu janganlah sedkit pun kita ragu. jadilah muslim yang saling menyayangi, menghormati dan menghargai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar