Minggu, 08 Januari 2012

Beberapa Istilah pada Motherboard

- Chipset
merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chipset di dalamnya. Chipset pada Motherboard mengendalikan masukan dan keluaran yang mendasar dari komputer.

- FSB
Front Side Bus berfungsi untuk menghubungkan processor dengan memory utama dan juga untuk menghubungkan antara processor dengan komponen lainnya.

- HSF
Heat Sink Fan merupakan sebuah komponen CPU yang berguna untuk menyerap panas. Biasanya terbat dari Alumunium. pemakaian FAn sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan kemampuan operasional CPU.

- IDE
Integrated Drive Electronics merupakan sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan hardisk, CD-ROM dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware

- LGA775
Land Grid Array merupakan jenis socket yang digunakan CPU khususnya intel, angka 775 menunjukan banyaknya kaki-kaki pin processor.

- MicroATX
salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasikan oleh motherboard, atau juga casing untuk menempatkan motherboard tersebut.

- Northbridge
salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor dengan memory system dan Bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.

- PATA/ATA
Parallel Advanced Technology Attachment merupakan sebuah implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.

- SATA
Serial ATA merupakan evolusi dari PATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single kabel dengan minimun empat kawat, dan terhubung secara point to point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150Mbps.

refersnsi:
majalah PC MEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar