Senin, 30 Mei 2011

Satuan Data

Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Di atas satuan Bit terdapat berbagai satuan lain, yakni berupa Byte, Megabyte, Gigabyte, Terabyte, dan Pentabyte. Tabel dibawah ini memberikan ringkasan seluruh satuan data beserta hubungan dengan satuan data yang lain.


  • Byte 
Merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Sebagai contoh, sebuah byte pada sistem ASCII dinyatakan dengan sebuah byte. Sebuah byte tersusun atas 8 buat bit.

  •  Kilobyte
Kilobyte mempunyai hubungan terhadap byte, seperti berikut :
1 kilobyte = 1024 byte
Satuan ini seringkali disingkat menjadi KB atau K. Berkas gambar yang berukuran kecil biasannya berukuran dalam orde kilobyte.

  • Megabyte
Satu megabyte identik dengan 1024 kilobyte atau sama dengan 1.048.576 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas RAM dalam PC. Satuan ini seringkali disingkat menjadi MB atau M.
  • Gigabyte
Satu gigabyte identik dengan 1024 megabyte atau sama dengan 1.073.741.824 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas hard disk dalam mainframe. Satuan ini seringkali disingkat menjadi GB atau G.

  •  Terabyte
Satu terabyte identik dengan 1024 gigabyte atau sama dengan 1.099.511.627.776 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas hard disk dalam mainframe. Satuan ini seringkali disingkat menjadi TB atau T.

  •  Petabyte

Satu Petabyte identik dengan 1024 terabyte. Satuan ini seringkali disingkat menjadi PB atau P.




Referensi :

Abdul Kadir dan Terra CH."Pengenalan Teknologi Informasi".Penerbit Andi : Yogyakarta.2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar