Minggu, 09 Oktober 2011

Bahasa yang Berbeda Dalam satu Daerah Provinsi

Negara Indonesia memiliki begitu banyak suku dan bahasa, dimana setiap daerah memiliki bahasa yang saling berbeda. Setiap suku di Indonesia memiliki bahasa daerah mereka masing-masing, sehingga bila ada dua orang atau lebih yang berbeda daerah bertemu akan sangat sulit untuk berkomunikasi diantara mereka bila mereka menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing. Terkadang di dalam satu daerah memiliki bahasa yang berbeda pula.
Contohnya didaerah tanjung enim dan pagar alam. Dua nama daerah itu terdapat di wilayah provinsi Sumatera Selatan. Namun, dua daerah tersebut memiliki sedikit perbedaan bahasa sehari-hari. Misalkan di Tanjung Enim, saat memanggil orang tua dari orang tua kita dengan sebutan kakek atau nenek ataupun mbah. Namun di Pagar Alam, panggilan tersebut sedikit berbeda dimana saat memanggil kakek dengan sebutan “nek nang” diambil dari kata nenek lanang atau nenek laki-laki, sedangkan nenek dipanggil “nek no” dari kata nenek betino atau nenek perempuan. Panggilan “Nek” mungkin dapat kita artikan sebagai panggilan “mbah”.
Sedikit informasi yang saya miliki ini semoga dapat menambah pengetahuan kita dalam mengenal bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar