Senin, 04 Juni 2012

kondisi pendidikan saat ini??

 saya cukup bingung dengan metode pendidikan di negeri ini saat ini sering kali dilakukan pergantian kurikulum dan tata cara pendidikan. seakan-akan para siswa dijadikan objek untuk setiap percobaan metode pendidikan. padahal metode yang cukup baik adalah dengan membaca, menghafal dan berlatih secara rutin.

saat ini para siswa kebanyakan hanya di minta untuk mencatat dan memahami sendiri di saat jam pelajaran telah selesai, mereka hanya mencatat tanpa memahami apa yang mereka tulis.

salah satu mata pelajaran yang terkadang kita anggap enteng adalah bahasa indonesia. kita beranggapan bahwa kita selaku bangsa indonesia buat apa mempelajari bahasa indonesia, dimana dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi. menurut saya pelajaran bahasa indonesia itu penting dan tidak dapat di anggap enteng. buktinya saja sudah lama kita belajar bahasa indonesia tapi masih saja kesulitan dalam membuat suatu penulisan. seharusnya dalam pembelajaran bahasa indonesia kita harus tetap diingatkan kembali tentang tata cara membuat penulisan yang benar, misalkan masalah penggunaan kata awal yang baik untuk membuka suatu topik dalam suatu tulisan, penggunaan tanda baca dan lain-lain.

maka daripada itu jika ingin membuat suattu penulisan yang baik dan enak untuk di baca, perlu sekali diperlajari lebih lanjut dan selalu diingatkan oleh pengajar jika seorang siswa masih terdapat kesalahan dalam membuat suatu tulisan serta diberikan pengarahan bagaimana agar suatu tulisan dapat menjadi bagus dan layak untuk di baca.

hal yang sangat menyedihkan lagi badi dunia pendidikan di negeri ini adalah fasilitas pendidikan yang lengkap hanya ada untuk di sekolah-sekolah dengan biaya yang sangat mahal. sehingga fasilitas berlaku hanya untuk orang-orang kaya. sangat disayangkan jika dalam pendidikan hanya dapat memunculkan segelintir generasi yang berprestasi padahal banyak para siswa yang bersekolah namun nilai-nilai yang diajarkan tidak dapat disserap dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar