Senin, 30 Mei 2011

Satuan Data

Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Di atas satuan Bit terdapat berbagai satuan lain, yakni berupa Byte, Megabyte, Gigabyte, Terabyte, dan Pentabyte. Tabel dibawah ini memberikan ringkasan seluruh satuan data beserta hubungan dengan satuan data yang lain.


  • Byte 
Merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Sebagai contoh, sebuah byte pada sistem ASCII dinyatakan dengan sebuah byte. Sebuah byte tersusun atas 8 buat bit.

  •  Kilobyte
Kilobyte mempunyai hubungan terhadap byte, seperti berikut :
1 kilobyte = 1024 byte
Satuan ini seringkali disingkat menjadi KB atau K. Berkas gambar yang berukuran kecil biasannya berukuran dalam orde kilobyte.

  • Megabyte
Satu megabyte identik dengan 1024 kilobyte atau sama dengan 1.048.576 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas RAM dalam PC. Satuan ini seringkali disingkat menjadi MB atau M.
  • Gigabyte
Satu gigabyte identik dengan 1024 megabyte atau sama dengan 1.073.741.824 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas hard disk dalam mainframe. Satuan ini seringkali disingkat menjadi GB atau G.

  •  Terabyte
Satu terabyte identik dengan 1024 gigabyte atau sama dengan 1.099.511.627.776 byte. Biasa digunakan untuk menyatakan kapasitas hard disk dalam mainframe. Satuan ini seringkali disingkat menjadi TB atau T.

  •  Petabyte

Satu Petabyte identik dengan 1024 terabyte. Satuan ini seringkali disingkat menjadi PB atau P.




Referensi :

Abdul Kadir dan Terra CH."Pengenalan Teknologi Informasi".Penerbit Andi : Yogyakarta.2003.

Senin, 28 Maret 2011

Abdullah ibn Abbas

Nama lengkapnya adalah Abdullah ibn Al-Abbas ibn abd Al-Muthalib ibn Hasyim ibn Abdi Manaf Al-Qursyi Al-Hasyimi. Ibunya bernama Al-Fadhl Lababah binti Al-Harits Al-Hilaliyyah.

Ibn Abbas dilahirkan di Sya'ib ketika orang-orang kafir Quraisy memboikot Rasulullah dan para sahabat. beliau hidup menemani hari-hari Rasulullah. Dia banyak menerima hadis dari Rasulullah total hadis yg ia terima adalah sekitar 1660 hadis. Dia termasuk sahabat yang menyaksikan Perang Shiffin dan Perang Jamal.

Karena tingkat keilmuan yang luas, Ibn Abbas pun menjadi imam dalam bidang tafsir, hadis, fiqih dan syair. Ibn Abbas disebut al-bahr(laut) karena ilmunya yang luas.

Pada tahun 68 hijriah, penerjemah Al-Quran dan cendikiawan uma tersebut meninggal di tha'if dalam usia 65 tahun. Mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepada beliau...[]

Senin, 07 Maret 2011

PRINSIP USABILITY

  • PRINSIP USABILITY
Usability merupakan masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem tidak terbuang sia-sia.
Prinsip Usability Dix (Tahun 1993) terdiri dari :
  1. Learn ability : penggunaan baru dapat menggunakan interaksi secara efektif dan memperoleh maksimal kinerja.
  2. Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi.
  3. Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

  • KEMAMPUAN MANUSIA YANG BAIK VS. MANUSIA YANG BURUK
Human Ability merupakan kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Kemampuan adalah kapasitas seorang (individu)untuk melakkukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang. Potensi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
  1. Kemampuan dasar , seperti tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika, dan daya tangkap.
  2. Etos kerja, seperti ketekunan, ketelitian, dan daya tahan terhadap tekanan.
  3. Kepribadian, yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang, baik jasmaniah, rohaniah, emosional, maupun sosial yang ditata dalam cara khas dibawah aneka pengaruh luar.
Perbedaan kemampuan manusia yang baik dan yang buruk :



  • PROSES USER CENTERED DESIGN (UCD)
Membuat sebuah produk kita harus memperhatikan dari kepuasan atau kenyamanan dari seorang pengguna produk tersebut. Karena sebuah kepuasan atau kenyamanan dari pengguna merupakan modal utama produk tersebut tetaplah lama di dalam pasaran. Termasuk juga produk komputer baik itu hardware atau software.
Untuk menjaga kepuasan dan kenyamanan pengguna sebuah perusahaan, harus menggunakan sistem yang dimana sistem itu dapat menjaga kualitas dari sebuah produk. Sistem tersebut biasanya dikenal dengan nama User Centered Design Process.
  • KAPASITAS MANUSIA, terdiri dari :
  1. Penginderaan (Penglihatan, pendengaran, perabaan)
  2. Sistem Motor
  3. Memory (STM dan LTM)
  4. Proses kognitif (Atensi pilih, pembelajaran, menyelesaikan masalah, bahasa)
1. Penginderaan
Manusia merasakan dunia nyata menggunakan piranti yang lazim dikenal dengan panca indera, sehingga dengan komponen panca indera inilah kita dapat membuat model manusia sebagai pengolah informasi secara garis besar.
  • Penglihatan
Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu : - penerimaan stimulus dari luar secara fisik,
- pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut.

Indera penglihatan sudah pasti identik dengan yang namanya mata. Mata adalah mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya menjadi energi listrik. Mata terdiri dari beberapa komponen penting, diantaranya adalah kornea dan lensa yang terletak dibagian depan mata yang memfokuskan obyek kebagian belakang mata yang disebut retina.

  • Pendengaran
Sistem pendengaran memiliki kapasitas yang sangat besar untuk mengumpulkan informasi. Hal yang paling terkait dengan indera pendengaran adalah telinga. Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar, dimana sistem auditory melakukan filtering suara.
  • Perabaan
Perabaan atau yang sering kita sapa dengan peraba merupakan suatu panca indera yang berfungsi untuk merasakan sentuhan, dimana manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu:
- Thermoceptor (merespon panas / dingin)
- Nociceptor (merespon pada tekanan yang intens / rasa sakit)
- Mechanoceptor (merespon pada tekanan)


2.Sistem Motor Sistem motor pada kapasitas manusia digunakan sebagai pengolah informasi yang diterima oleh alat indera, yang menangkap sinyal dan mentransmisikannya ke processing unit di otak dengan tempat penyimpanan. Hasil dari proses berupa output respon. Kapasitas yang dimiliki manusia untuk menerima input dan menghasilkan output terbatas.

3.Memory
Memory adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi serta menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural.
  • Short Term Memory (STM)
Memori Jangka pendek ini dapat menyimpan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan. Memori jangka pendek ini dapat diakses dengan cepat , serta memiliki kapasitas yang tebatas.
  • Long Term Memory (LTM)
Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang besar, dan waktu akses lebih lambat. Memori jangka panjang terdiri dari dua jenis, yaitu :
- Episodic memory
- Semantic memory

4.Proses kognitif
Proses kognitif merupakan proses yang terlibat dalam pembuatan desain, diantaranya :

  • Atensi Pilih
  • Pembelajaran
  • Menyelaesaikan Masalah
  • Bahasa


KELOMPOK 1 :
- Adnan Habib Laode
- Bayu Prasetyo Wicaksono
- Firdaus Okta Utama
- Novan Pratama
- Tuti Alawiyah

Selasa, 01 Maret 2011

16 Kecenderungan Utama yang akan membentuk masa depan

  1. Zaman komunikasi Instan
  2. dunia tanpa batas-batas ekonomi
  3. empat lompatan menuju ekonomi dunia-tunggal
  4. Perdagangan dan pembelajaran melalui internet
  5. Masyarakat layanan baru
  6. Penyatuan yang besar dengan yang kecil
  7. Era baru kesenangan
  8. Perubahan bentuk kerja
  9. Perempuan sebagai pemimpin
  10. Penemuan baru tentang otak yang mengagumkan
  11. Nasionalisme budaya
  12. Kelas bawah yang semakin besar
  13. semakin besar jumlah manula
  14. Ledakan pratik-mandiri
  15. Perusahaan Kooperatif
  16. Kemenangan Individu
"kita tahu benar bahwa menyalakan api dengan cara menggosokkan dua batang kayu telah usang. Namun, sadarkah kita bahwa sistem pendidikan yang berlangsung saat ini didasari oleh konsep yang tak kalah usangnya??"

Minggu, 13 Februari 2011

Interaksi Manusia dan Komputer

Kelas : 2KB04
Kelompok :

  • Adnan Habib Laode (22109825)
  • Bayu Prasetyo W (26109013)
  • Firdaus Okta Utama (26109568)
  • Novan Pratama (26109604)
  • Tuti Alawiyah (25109743)

1. Apa yang mendasari munculnya studi Interaksi Manusia dan Komputer !



Istilah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK- Human Computer Interaction/ HCI) baru digunakan secara luas beberapa belakangan ini. Studi ini telah dimulai dari saat perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan persenjataan yang efektif sehingga dipelajari interaksi manusia dengan mesin. Hal ini kemudian mendorong munculnya ketertarikan para peneliti dibidang ini dan membentuk suatu perkumpulan peneliti bidang ergonomi ( Ergonomics Research Society).

Ergonomi menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Human factor (faktor manusia) meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas. Kedua bidang ini memperhatikan kinerja user dalam konteks semua jenis sistem, apakah itu komputer, mekanik atau manual.

Bidang lain yang mempengaruhi studi interaksi manusia dan komputer adalah ilmu teknologi informasi, yang membahas teknologi dan memperhatikan dan manipulasi informasi dalam suatu organisasi.
Dalam lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, terdapat :

  1. User adalah individual user, sekelompok user yang bekerja bersama, atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi, masing- masing menghadapi sebagian dari tugas atau prosesdan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi.
  2. Komputer adalah teknologi dari dekstop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini mencakup non komputer, termasuk orang.
  3. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feedback) dan kontrol selama pelaksanaan tugas/kerja. Komunikasi tidak langsung berupa background proses atau proses batch.

2. Jelaskan mengenai disiplin ilmu apa saja yang terlibat dalam IMK dan keterlibatannya !


IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem interaktif dalam konteks tugas tugas dan pekerjaan user. IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian dibidang seperti :

  • Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
  • Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karakteristik fisik user.
  • Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
  • Ilmu komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan.
  • Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
  • Desain Grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface.
  • Tecnical Writing agar mampu membuat manual.

3. Berikan kesimpulan apa itu IMK dari pernyataan no 1 dan 2 !


IMK merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana user bisa berinteraksi atau dengan kata lain user dapat menjalankan mesin, yang dipadukan dengan adanya disiplin ilmu yang terlibat dalam IMK dan konsep-konsep tersebut tertuju pada sasaran yaitu multidisiplin tapi praktis. Kita berkonsentrasi pada ilmu komputer, psikologi, dan konsep kognitif dan pengaplikasiannya pada desain, sedangkan untuk bidang atau ilmu disiplin lainnya hanya sebagai masukkan jika diperlukan. Dapat disimpulkan bahwa IMK terkait dengan suatu sistem interaksi/interface dengan baik serta mampu memenuhi kebutuhan tugas user. Dengan kata lain merupakan perpaduan seni dan sains secara menyeluruh.